crane alat berat

Macam-macam Alat Heavy Lifting dan Fungsinya

Pernah mendengar tentang crane? Atau melihat alat besar dan tinggi yang membawa suatu material di lahan proyek pembangunan? Kedua alat tersebut termasuk alat berat angkat atau heavy lifting.

Alat berat angkat atau heavy lifting equipment adalah mesin yang berfungsi sebagai alat pengangkat dan pemindah beban yang sangat berat secara efisien dan aman. Karena ukurannya yang besar dan fungsinya tersebut, alat berat angkat sering dipakai di bidang konstruksi, manufaktur, perkapalan, dan pergudangan.

Keberadaan alat berat angkat sangat penting di berbagai industri yang memiliki aktivitas bongkar pasang muatan berat. Tanpa alat ini, pemindahan akan sulit dan berbahaya.

Pada artikel ini, kami telah mengulas beberapa alat angkat berat dan fungsinya yang sering dijumpai. Yuk, simak!

1. Crane

Crane atau derek adalah mesin yang digunakan untuk mengangkat material secara vertikal dan memindahkannya secara horizontal. Crane menjadi salah satu alat berat angkat yang paling sering digunakan di konstruksi, khususnya pembangunan gedung tinggi atau area tinggi.

Cara kerja crane mengandalkan rantai yang menggerakkan banyak katrol. Sehingga mudah dioperasikan walaupun membawa beban berat.

Ada beberapa jenis crane, di antaranya:

  • Gantri hidrolik: derek yang berbentuk seperti gerbang dan dipasang secara permanen di atas rel, cocok untuk memperbaiki dan membangun struktur jembatan. PT. Brewdets Karya Mandiri menyediakan gantri hidrolik Enerpac dengan kualitas unggul.
  • Crane menara: dipasang pada gedung pencakar langit.
  • Mobile crane: dipasang pada kendaraan atau rel agar beban mudah diangkut.
  • Tower crane: dipasang di tanah dan tiangnya bisa di-adjust sesuai ketinggian yang diperlukan.

2. Forklift

Selanjutnya yaitu forklift, mesin yang digerakkan oleh motor yang berguna untuk membawa material. Forklift disebut juga truk susun atau truk garpu karena memiliki bagian yang berbentuk seperti garpu yang berfungsi sebagai alat angkat.

Forklift sering dikaitkan dengan pergudangan, namun alat ini juga berguna di bidang konstruksi. Forklift sangat membantu dalam mengangkat, memindahkan, dan menyusun barang atau material berat dalam jumlah banyak, baik secara horizontal maupun vertikal.

Di lapangan, ada berbagai jenis forklift yang sering digunakan, di antaranya:

  • Warehouse forklift, untuk pabrik dan pergudangan
  • Side loader forklift (forklift samping), untuk mengangkat beban berat dan panjang
  • Telehandler atau teleporter, untuk mengangkat dan memindahkan beban berat di ketinggian tertentu
  • Rough terrain forklift, untuk dioperasikan di medan yang tidak rata seperti perusahaan tambang

Baca Juga: Apa Itu Silinder Hidrolik? Ini Fungsi, Jenis, dan Harganya

3. Lifting Tables and Platform

Sementara itu, lifting tables dan platform digunakan untuk mengangkat material dan pekerja dalam jarak kecil, sehingga memungkinkan pekerjaan di ketinggian. Alat ini dapat diatur ketinggiannya. Bagian datar yang seperti meja di atas merupakan area untuk material dan pekerja bermobilitas.

Ada beberapa jenis lifting tables and platform, yaitu:

  • Manual lifting tables and platform, menggunakan engkol, sekrop, atau pompa.
  • Pneumatic lifting tables and platform, memiliki bagian silinder udara bertekanan dan mekanisme kompresi.
  • Hydraulic lifting tables and platform, memiliki cairan hidrolik bertekanan yang menggerakkan aktuator linier.

Anda perlu menyesuaikan antara kapasitas muatan, jenis penggunaan, dan dimensi fisik dengan jenis lifting tables and platform-nya.

4. Hydraulic Elevators

Alat berat angkut ini menjadi pilihan yang aman dan andal untuk mengangkut material dalam bentuk larutan maupun padat. Hydraulic elevators memiliki silinder di bagian dasar kabin elevator yang dilengkapi piston.

Silinder tersebut digerakkan oleh motor listrik yang memompa oli hidrolik ke dalam silinder. Kemudian piston menggerakkan kabin elevator, sementara katup listrik mengontrol penurunan.

Hydraulic elevators dapat dioperasikan dengan aman hingga ketinggian enam lantai. Untuk kebutuhan pengangkutan lebih tinggi lagi, Anda bisa mempertimbangkan alat berat angkat lain demi keamanan.

5. Scissor Lifts

Alih-alih menggunakan tangga, scissor lift atau lift gunting lebih aman dan efisien jika Anda ingin mengatur material di rak yang sangat tinggi. Scissor lift adalah mesin yang dirancang untuk bisa memberikan akses ke berbagai tempat di ketinggian yang berbeda.

Scissor lift mirip seperti lifting tables dan platform. Bedanya, scissor lift memiliki handrail di bagian table, fungsinya sebagai pengaman agar pekerja bisa leluasa bergerak dengan nyaman.

Scissor lift dapat diterapkan di dalam maupun ruang ruangan. Biasanya, alat berat ini digunakan pada pergudangan, proyek perbaikan eksterior bangunan, pemasangan jendela, dan penyusunan material yang menggunakan sistem racking.

Itulah beberapa alat berat angkat atau heavy lifting equipment yang sering dijumpai di berbagai industri. Alat ini penting untuk mendukung mobilitas dan aktivitas yang memerlukan pemindahan beban berat.

Hubungi kami sekarang juga untuk informasi selengkapnya mengenai harga dan spesifikasi heavy lifting.

Email: sales@brewdets.com

Fast Response: 08111297811

pc strand adalah

PC Strand: Pengertian dan Kegunaannya

Dalam proyek konstruksi bangunan, ada banyak komponen yang digunakan untuk menguatkan struktur beton. Selain anchor wedges, kontraktor juga menggunakan PC Strand agar struktur beton makin kokoh dan mampu menahan beban berat secara kontinu.

Pada jembatan gantung dengan bentang panjang misalnya. PC Strand dipasang untuk mengurangi defleksi atau lengkungan ketika jembatan mendapat tekanan atau beban. Dengan begitu, stabilitas jembatan tetap terjaga dengan aman.

PC Strand atau untai baja beton pratekan termasuk jenis besi tulangan khusus karena membutuhkan teknik khusus ketika pembuatannya. Terdapat spesifikasi tertentu dalam pembuatan PC Strand. Berikut penjelasan selengkapnya.

Apa itu PC Strand?

PC Strand adalah jenis kabel yang terbuat dari beberapa kawat baja yang dipilin menjadi satu dengan kuat. Jumlah kawat baja yang sering digunakan antara 7 hingga 19 kawat dengan diameter 6.35 hingga 27.8 mm.

PC Strand menggunakan kawat baja berkekuatan tinggi jenis baja karbon tinggi. Kandungan karbonnya tidak boleh lebih dari 1% untuk menghasilkan kekuatan tarik baja dan keuletan yang ideal.

Selain itu, menurut standar SNI, pembuatan PC Strand juga tidak boleh dicampur dengan fosfor (P) lebih dari 0.03% dan sulfur (S) lebih dari 0.035%. Sebab, kedua unsur tersebut dapat menurunkan kekuatan dan ketahanan korosi baja.

Sebelum ditanam ke dalam struktur beton, sisa tegangan pada PC Strand harus dihilangkan terlebih dahulu melalui proses stress relieving. Caranya yaitu dengan memanaskan PC Strand pada suhu tertentu, lalu didinginkan secara perlahan.

Stress relieving atau penghilangan sisa tegangan pada PC Strand bertujuan untuk menghilangkan kemungkinan kejutan, retak mikro pada kawat, korosi, dan meningkatkan stabilitas dimensi. Sehingga ketika dipasang dalam struktur beton, PC Strand sudah mencapai sifat mekanis sesuai spesifikasi yang ditetapkan.

Baca Juga: Sewa Hydraulic Cylinder Jack

PC Strand Digunakan untuk Apa?

Berikut beberapa aplikasi PC Strand dalam konstruksi, di antaranya:

  • Sebagai kabel utama dalam konstruksi jembatan gantung atau bentangan panjang.
  • Sebagai penguat dalam konstruksi tiang, balok, dan pelat pada gedung bertingkat.
  • Digunakan dalam konstruksi dermaga dan tanggul laut karena memiliki ketahanan korosi tinggi.
  • Digunakan untuk menahan kapal.
  • Sebagai penguat dalam konstruksi dinding dan dasar tangki penyimpanan besar.

Spesifikasi Umum PC Strand

Kegunaan PC Strand memang sangat beragam, mulai dari proyek konstruksi skala kecil seperti pembangunan rumah, hingga proyek besar seperti pembangunan jembatan atau jalan layang.

Mengingat fungsi PC Strand yang penting dalam memperkuat struktur beton, maka PC Strand diproduksi dengan spesifikasi umum, berikut:

  • Diameter: PC Strand umumnya memiliki diameter antara 6.35 hingga 27.8 mm.
  • Jumlah kawat jalinan: Tiap untaian PC Strand terdiri dari kawat baja antara 7 hingga 61 kawat. Namun, yang paling sering ditemukan yaitu untaian PC Strand 7 hingga 16 kawat.
  • Lapisan galvanis: Lapisan galvanis berfungsi untuk melindungi kawat pada PC Strand dari korosi. Minimal ketebalan lapisan galvanis yang diberikan yaitu 45 mikron.
  • Kekuatan tarik: PC Strand mampu menahan beban tarik antara 1770 MPa hingga 2800 MPa.
  • Modulus elastisitas: PC Strand mampu meregang di bawah tekanan hingga 200 GPa.

Baca Juga: Cara Menggunakan Dongkrak Hidrolik

Selain itu, PC Strand juga memiliki standar spesifikasi yang sering digunakan, yaitu SNI 1154 (Standar Nasional Indonesia), ASTM A416 (American Standard), GB/T 5224 (China Standard), BS EN 10138 (British Standard), dan JIS G3531 (Japanese Standard).

Tidak semua PC Strand yang dijual di pasaran lolos standar pengujian tersebut. Namun, semua PC Strand yang dipasarkan mengacu pada salah satu atau beberapa standar spesifikasi diatas. Juga, juga telah diperiksa melalui rangkaian pengujian, seperti uji relaksasi tegangan, uji tegangan, uji kelenturan, uji borescope, uji komposisi, dan sebagainya.

Untuk memastikannya, Anda bisa menanyakan langsung kepada distributor atau supplier PC Strand terpercaya. PT. Brewdets Karya Mandiri menyediakan PC Strand wire 12.7 mm dan ukuran lainnya.

Hubungi kami sekarang juga untuk informasi selengkapnya mengenai harga dan ukuran anchor wedges.Email: sales@brewdets.com

apa itu anchor wedges

Apa Itu Anchor Wedges? Ini Kegunaan dan Cara Pasangnya

Anchor wedges adalah salah satu komponen penting dalam konstruksi bangunan. Tanpa anchor wedges, suatu bangunan akan mudah rapuh, tidak kokoh, bahkan mudah ambruk karena strukturnya tidak ada komponen yang menjadi pengunci.

Lalu, apa sebenarnya anchor wedges? Mengapa kegunaannya begitu penting untuk konstruksi bangunan? Berikut penjelasan tentang anchor wedges, mulai dari pengertian, kegunaan, dan cara pasangnya.

Apa itu Anchor Wedges?

Anchor wedges atau biasa disebut juga trubolt adalah sejenis alat pengikat yang digunakan untuk mengamankan objek ke beton padat. Alat ini terdiri dari 3 bagian, yaitu baut jangkar baji, ring, dan mur.

Ketika ditanam ke dalam beton, alat ini akan mengunci objek pada beton atau masonry dengan sangat kuat. Objek yang dikunci tidak akan jatuh atau terlepas, sehingga risiko kecelakaan kerja karena beton keropos atau rubuh pun bisa dihindari.

Anchor wedges terbuat dari material baja kokoh berkualitas tinggi yang tahan terhadap korosi dan tekanan. Meski bentuknya sederhana berupa selongsong baja dengan ring, namun alat ini memiliki daya tahan yang sangat kuat dan proses pemasangan yang mudah.

Dinding atau beton harus dibor terlebih dulu dengan kedalaman yang lebih dalam sedikit dari panjang jangkar baji. Kemudian jangkar baji dimasukkan dan ring dipasangkan. Barulah semua komponen dikencangkan menggunakan kunci inggris atau alat serupa.

Sekali dipasang, anchor wedges mampu mencengkeram objek dan menjaga keseimbangan struktur beton selama bertahun-tahun. Anchor wedges juga tidak bisa dilepas tanpa merusak konstruksi baja. Karena itu, komponen ini adalah salah satu yang paling tahan lama pada konstruksi bangunan.

Biasanya, anchor wedges diaplikasikan di dinding beton, langit-langit beton, pipa, rangka plafon, dan sebagainya. Di pasaran terdapat berbagai merk anchor wedges yang bagus, di antaranya Black Diamond, DMM, Petzl, Metolius, dan Camp.

Baca Juga: Sewa Hydraulic Torque Wrench

Kegunaan Anchor Wedges

apa itu anchor wedges
Sumber: damencnc.com

Di dunia konstruksi, anchor wedges menjadi alat yang populer untuk aplikasi beton padat. Alat ini memberi daya penahan sangat tinggi, sehingga cocok digunakan untuk konstruksi berat.

Berikut beberapa kegunaan anchor wedges di berbagai industri, di antaranya:

1. Mengamankan Struktur Bangunan

Anchor wedges menjadi salah satu komponen pencipta keamanan utama pada struktur jembatan, gedung bertingkat, menara, dan struktur lainnya. Alat ini sering digunakan dalam konstruksi bangunan sebagai bagian dari sistem penahan atau pengikat untuk memperkuat struktur beton atau baja.

2. Mengikat Kabel atau Kawat

Selain ditanam di dalam beton, anchor wedges juga dapat digunakan untuk mengikat kabel, kawat, atau tali pada struktur tertentu. Misalnya dalam penggunaan kawat baja di struktur jembatan gantung atau kabel pengaman pada gedung bertingkat.

3. Menahan Struktur Offshore

Anchor wedges merupakan alat yang multifungsi. Bukan hanya mendukung kekuatan bangunan beton dan kawat, alat ini juga memiliki peran penting di industri minyak dan gas. Biasanya, anchor wedges digunakan untuk menahan struktur offshore, seperti platform pengeboran atau fasilitas produksi di dasar laut.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Dongkrak 50 Ton yang Bagus

Cara Pasang Anchor Wedges

Seperti yang sudah disebutkan sekilas di awal, anchor wedges dipasang dengan cara ditanam di dalam beton. Sebagai panduan, berikut cara memasang anchor wedges di media beton.

  1. Pertama, siapkan anchor wedges, lokasi yang akan dipasangi anchor wedges, dan kunci pas atau kunci inggris.
  2. Bor lubang untuk baut jangkar baji dengan kedalaman lubang sekitar ½ lebih dalam dari panjang baut jangkar baji.
  3. Setelah dibor, gunakan penyedot debu atau sikat untuk membesihkan debu dan kotoran dari lubang.
  4. Menggunakan palu, masukkan baut jangkar baji ke dalam lubang yang dibor, atur agar posisinya sesuai.
  5. Ketuk kepala baut dengan palu hingga baut jangkar baji terpasang kuat di dalam lubang.
  6. Terakhir, kencangkan mur dan ring di ujung baut jangkar baji yang terbuka. Gunakan kunci pas atau kunci inggris untuk mengencangkan mur. Kencangkan dengan pas, jangan terlalu kuat karena justru akan merusak jangkar atau beton.

Sekarang Anda sudah tahu apa itu anchor wedges. Alat ini penting dalam konstruksi bangunan guna menjaga stabilitas dan ketahanannya.

Hubungi kami sekarang juga untuk informasi selengkapnya mengenai harga dan ukuran anchor wedges.

Email: sales@brewdets.com

Fast Response: 08111297811

rental hydraulic jack

4 Rekomendasi Dongkrak 50 Ton yang Bagus

Kendaraan dan alat mesin besar membutuhkan perawatan lebih ekstra daripada kendaraan mini untuk mobilitas sehari-hari. Hal tersebut karena komponennya yang lebih kompleks dan loading sehari-hari yang mengangkut beban lebih berat.

Demi mempermudah proses perawatan, dongkrak 50 ton yang bagus diperlukan untuk kendaraan dan alat mesin berat. Ada banyak merek dongkrak di pasaran yang menyediakan kapasitas beban berat. Berikut rekomendasinya yang bisa menjadi referensi Anda.

1. Krisbow Hydraulic Bottle Jack 50 Ton

Krisbow merupakan merek alat konstruksi di bawah naungan perusahaan Kawan Lama Group sejak tahun 1998. Produk Krisbow sudah terkenal di pasaran karena spesifikasinya yang tahan lama dan berkualitas, salah satunya yaitu dongkrak 50 ton.

Dongkrak hidrolik Krisbow 50 ton terbuat dari besi pilihan, ramah lingkungan, kokoh, dan tidak cepat rusak. Dengan bentuk botol yang fleksibel, dongkrak hidrolik Krisbow terasa ringan ketika digunakan untuk mengangkat beban berat, sehingga efektif untuk pekerjaan di bengkel dan workshop.

Cara menggunakan dongkrak hidrolik Krisbow 50 ton yaitu dengan memompa tuas untuk mengangkat katup, sehingga kendaraan atau beban yang berada di atas dongkrak perlahan akan terangkat. Setelah kendaraan terangkat, Anda bisa menambahkan blok penyangga sebagai penopang tambahan agar lebih aman.

Baca Juga: 7 Jenis Produk Enerpac, Merek Alat Industri Terkemuka di Dunia

2. OMCN Hydraulic Bottle Jack 50 Ton

Dongkrak OMCN terbuat dari baja yang kokoh dengan bobot sekitar 53 kg. Meski cukup berat, namun dongkrak ini fleksibel dan stabil saat digunakan untuk mengangkat kendaraan besar sekali pun, seperti truk molen dan truk logistik. Adanya pegangan pada dongkrak pun semakin memudahkan pengangkutan.

Terdapat dua katup yang ditambahkan pada dongkrak botol OMCN. Pertama katup pelepas udara yang memudahkan proses penurunan beban dengan pelan dan aman. Lalu, katup yang kedua yaitu katup pengaman yang mencegah kemungkinan kelebihan beban.

3. Enerpack Hydraulic Jak 50 Ton

Enerpac merupakan merek peralatan industri asal Amerika Serikat. Produk-produknya sangat beragam dan jaringan distribusinya ke seluruh dunia. Produknya yang dirilis Enerpac sangat kompatibel dan fleksibel untuk kebutuhan industri minyak dan gas, pembangkit listrik, infrastruktur, pertambangan, manufaktur, konstruksi, dan petrokimia.

Selain silinder hidrolik, Enerpac juga mengeluarkan dongkrak hidrolik yang menjadi salah satu dongkrak terbaik. Dongkrak Enerpac tahan lama serta portabel untuk pengangkatan dan pemasangan ketat. Kapasitas beban Jack Enerpac pun bervariasi, mulai dari 2 ton, 10 ton, 50 ton, hingga 100 ton. Anda bisa mendapatkan dongkrak Enerpac di distributor Enerpac resmi, yaitu PT. Brewdets Karya Mandiri.

4. Tekiro Hydraulic Jack 50 Ton

Rekomendasi dongkrak 50 ton yang bagus selanjutnya yaitu dongkrak Tekiro. Tekiro merupakan merek perkakas teknik atau handtools asal Jepang sudah eksis sejak 20 tahun lalu. Di Indonesia sendiri, merek Tekiro populer dan sudah meraih banyak penghargaan Top Brand.

Dongkrak botol Tekiro bisa mengangkat beban mencapai 50 cm dengan pengoperasian yang ringan. Dari sisi kenyamanan, dongkrak ini sudah lolos quality control dan memenuhi 3 standar internasional sebelum dipasarkan. Sehingga kualitasnya terjamin awet dan nyaman digunakan.

Anda harus meletakan dongkrak secara tegak lurus pada torak pengangkatnya dan jangan sampai bengkok. Dengan begitu, Anda bisa mendongkrak kendaraan dengan mudah dan aman.

Update dengan tren dan perkembangan teknologi yang dilakukan, membuat Tekiro terus melengkapi produknya agar sejalan dengan kebutuhan pasar.

Baca Juga: Bagian-Bagian Dongkrak Hidrolik dan Fungsinya

5. Nankai Dongkrak Botol 50 Ton

Bagi Anda yang bekerja di bidang otomotif, pasti sudah tidak asing dengan merek ini. Nankai adalah merek perkakas yang terkenal karena produk keluarannya yang dibekali spesifikasi mumpuni. Salah satu perkakas Nankai yang diproduksi sejak lama, yaitu dongkrak botol 50 ton.

Dongkrak Nankai menggunakan material baja. Warna hijaunya mirip seperti dongkrak Tekiro, namun lebih cerah dengan berlabel kuning. Bagian permukaan dongkrak sudah dilengkapi bantalan yang sangat halus, membuat pengguna lebih nyaman saat mengoperasikannya dan menambah usia pakai.

Dari sisi fleksibilitas, dongkrak Nankai sangat bisa diandalkan dan dibawa di dalam mobil. Pertama karena bobotnya yang cukup ringan yaitu 19 kg. Lalu, dongkrak ini juga dilengkapi dengan tuas yang panjang untuk meringankan beban Anda ketika mengangkat tanpa perlu terlalu membungkuk.

Dongkrak sudah menjadi alat yang wajib dibawa ketika bepergian dengan mobil. Berbagai merek dongkrak 50 ton yang bagus tersedia di pasaran, di antaranya Krisbow, OMCN, Tekiro, dan Nankai. Dengan kapasitas beban yang besar dan struktur fleksibel, membuat Anda mudah dalam mengoperasikannya.

Hubungi kami sekarang juga untuk informasi selengkapnya mengenai harga sewa dongkrak hidrolik.

Email: sales@brewdets.com

Fast Response: 08111297811

silinder hidrolik tunggal dan ganda

Apa Itu Silinder Hidrolik? Ini Fungsi, Jenis, dan Harganya

Di pabrik manufaktur dan industri permesinan, silinder hidrolik termasuk salah satu alat penting yang sering digunakan. Silinder hidrolik adalah perangkat mekanis dalam sistem hidrolik yang mengubah energi fluida menjadi gerakan linear. Dengan kata lain, perangkat ini memanfaatkan cairan bertekanan untuk mendorong piston ke depan dan belakang, sehingga menghasilkan gerakan linier. 

Ada beberapa komponen utama dalam silinder hidrolik: piston yang bergerak maju dan mundur, piston rod atau batang yang melekat pada piston, sistem seal untuk mencegah fluida bocor, dan silinder barel yang menjadi tempat pergerakan piston. Komponen-komponen tersebut saling bekerja sama untuk menciptakan energi mekanik dan efisiensi kerja.

Mengingat kemampuannya yang sederhana dan fleksibel dalam menghasilkan energi, pengaplikasian silinder hidrolik pun sangat luas, mulai dari alat berat hingga mesin industri. Lebih lanjut, berikut penjelasan lengkap mengenai fungsi, jenis-jenis, dan harga silinder hidrolik yang bisa Anda cermati.

Fungsi Silinder Hidrolik

Silinder hidrolik merupakan aktuator mekanik yang berfungsi mengubah tenaga fluida menjadi gerak mekanis yang lurus atau linier (naik turun). Silinder hidrolik bekerja menggunakan prinsip dasar hukum Pascal, yaitu tekanan yang diberikan pada zar cair (fluida) dalam ruang tertutup diteruskan ke segala arah dengan sama besarnya.

Dengan cara kerja tersebut, silinder hidrolik pun dapat diaplikasikan di berbagai peralatan mesin, sehingga dapat memudahkan manusia saat mengangkat, menarik, mendorong, dan menurunkan beban berat. 

Contoh alat dan mesin yang menggunakan silinder hidrolik, yaitu pompa hidrolik dan cylinder jack, forklift, excavator, bulldozer, crane, mesin bubut, mesin milling, traktor, dan dongkrak.

Baca Juga: 7 Jenis Produk Enerpac, Merek Alat Industri Terkemuka di Dunia

Jenis-Jenis Silinder Hidrolik

silinder-hidrolik

Ada dua jenis silinder hidrolik yang paling banyak digunakan di berbagai industri. Berikut jenis silinder hidrolik yang perlu Anda ketahui.

1. Silinder Hidrolik Tunggal (Single-Acting Hydraulic Cylinder)

Seperti namanya, silinder hidrolik tunggal hanya memiliki satu batang piston yang bergerak ke satu arah yang sama. Piston bergerak ke arah yang diinginkan karena tekanan fluida, lalu piston kembali ke tempat semula karena adanya gaya pegas atau gravitasi.

Umumnya, silinder hidrolik tunggal diaplikasikan pada pompa, dongkrak, rem hidrolik, crane truk, alat pembengkok pipa, dan mesin reciprocating.

2. Silinder Hidrolik Ganda (Double-Acting Hydraulic Cylinder)

Sementara itu, silinder hidrolik ganda adalah silinder dengan dua batang piston di dalam tabung silinder. Terdapat lubang di tiap ujung silinder yang menjadi jalan keluar dan masuk fluida hidrolik. Di dalam silinder, piston yang diberi tekanan akan bergerak maju dan mundur ke arah yang saling berlawanan secara teratur.

Anda bisa menemukan aplikasi silinder hidrolik ganda pada mesin-mesin besar, seperti mesin penggali, truk sampah, mobil listrik, buldozer, dan mesin press.

Baca Juga: Cara Menggunakan Dongkrak Hidrolik

Harga Silinder Hidrolik

Harga silinder hidrolik tunggal dan ganda berbeda, tergantung merek, ukuran, dan kecepatannya. Namun, secara umum berikut kisaran harga silinder hidrolik berdasarkan diameter piston dan panjang stroke.

1. Harga Silinder Hidrolik Tunggal

  • 50mm x 100mm = Rp500.000 – Rp1.000.000
  • 100mm x 200mm = Rp1.000.000 – Rp2.000.000
  • 150mm x 300mm = Rp3.000.000 – Rp4.000.000
  • 200mm x 400mm = Rp4.000.000 – Rp5.000.000

2. Harga Silinder Hidrolik Ganda

  • 50mm x 100mm = Rp1.000.000 – Rp2.000.000
  • 100mm x 200mm = Rp2.000.000 – Rp3.000.000
  • 150mm x 300mm = Rp4.000.000 – Rp5.000.000
  • 200mm x 400mm = Rp6.000.000 – Rp7.000.000

Silinder hidrolik adalah aktuator mekanik yang mengubah tekanan fluida menjadi gerakan linear yang teratur. Dengan sifat silinder hidrolik yang fleksibel, sederhana, dan mudah dioperasikan membuat pengaplikasian perangkat ini sangat luas di bidang industri permesinan.

Hubungi kami sekarang juga untuk informasi selengkapnya mengenai harga sewa silinder hidrolik.

Email: sales@brewdets.com

Fast Response: 08111297811

rental hydraulic jack

7 Jenis Produk Enerpac, Merek Alat Industri Terkemuka di Dunia

Bagi Anda yang bergelut di bidang peralatan industri, pasti sudah tidak asing dengan Enerpac.

Enerpac merupakan merek peralatan industri asal Amerika Serikat yang sudah terkenal di seluruh mendunia. Perusahaan ini berdiri tahun 1959 dan saat ini menjadi bagian dari divisi Enerpac Tool Group (NYSE: EPAC) yang berkantor pusat di Menomonee Falls, Wisconsin.

Enerpac menyediakan berbagai peralatan untuk kebutuhan industri minyak dan gas, pembangkit listrik, infrastruktur, pertambangan, manufaktur, konstruksi, dan petrokimia. Produk-produknya didistribusikan secara global, termasuk ke Australia, Timur Tengah, dan Indonesia. Dengan produk best seller mereka, yaitu produk hidrolik.

Ada puluhan produk yang dihasilkan oleh Enerpac, yang paling populer yaitu produk hidrolik dan dongkrak.

Bagi Anda yang sedang mencari alat industri seperti pompa hidrolik dan cylinder jack untuk menunjang kelancaran proyek, berikut beberapa produk Enerpac yang bisa Anda pertimbagkan.

1. Pumps and Power Unit

Pompa hidrolik adalah salah satu produk paling populer dari Enerpac. Pompa hidrolik Enerpac memiliki spesifikasi yang unggul dan kokoh. Berikut beberapa macam pompa dan power unit dari Enerpac.

  • Manual Pumps
    Pompa hidrolik yang dioperasikan menggunakan tangan dan kaki. Pompa manual Enerpac mampu menghasilkan tekanan hingga 10.000 psi (700 bar).
  • Cordless Battery Pumps
    Seperti namanya, pompa ini menggunakan daya baterai untuk menghasilkan tekanan hidrolik. Biasanya, cordless battery pumps diaplikasikan di tempat-tempat dengan akses listrik terbatas.
  • Electric Pumps
    Pompa ini menggunakan tenaga listrik untuk menghasilkan tekanan hidrolik. Electric Pumps Enerpac memiliki beberapa seri, di antaranya Seri PU (aliran ringan), seri E-Pulse (aliran tinggi), seri ZU (aliran tinggi dengan motor universal), dan seri ZE (aliran tinggi dengan laju bervariasi).
  • Air Pumps
    Enerpac juga menyediakan pompa hidrolik bertenaga udara yang cocok diaplikasikan di lokasi yang memiliki akses ke saluran udara bertekanan.
  • Controlled Lifting Pumps
    Pompa ini sangat efektif untuk kebutuhan pengangkatan dan penurunan di banyak titik. Controlled Lifting Pumps Enerpac juga memiliki beberapa seri dengan sinkronisasi antara 1 mm hingga 4%.

2. Cylinders and Jack

Enerpac juga menyediakan pilihan silinder dan dongkrak dengan ratusan konfigurasi serta sistem pengangkatan yang berbeda. Berikut produk silinder dan dongkrak Enerpac.

  • Cylinders
    Silinder merupakan komponen penting dalam sistem hidrolik. Silinder Enerpac dirancang untuk dapat menghasilkan kekuatan 5 hingga 1.000 ton dan dapat menghasilkan hingga 58” (1219 mm) langkah.
  • Cylinder and Pump Sets
    Enerpac juga menyediakan satu set silinder hidrolik dan pompa siap pakai. Dalam satu set, Anda bisa mendapatkan dongkrak hidrolik (ram) kerja tunggal, pompa dua kecepatan, selang 6 kaki, pengukur terkalibrasi, dan adaptor pengukur.
  • Jacks
    Dongkrak hidrolik Enerpac merupakan salah satu dongkrak terbaik karena tahan lama, serta portabel untuk pengangkatan dan pemasangan ketat. Kapasitas beban Jack Enerpac pun bervariasi, mencapai 100 ton, sehingga memberi Anda banyak pilihan sesuai kebutuhan.

    Sementara itu, harga Enerpac Hydraulic Jack 50 ton yaitu sekitar Rp26 juta, lalu untuk Enerpac Hydraulic Jack 100 ton yaitu berkisar Rp64 juta rupiah.
     
  • Sistem Jack-Up
    Sistem jack-up Enerpac merupakan sistem pengangkatan multipoint yang mencakup 4 unit jack-up dengan kapasitas angkat 2.000 metrik ton (500 ton per unit. Rangka pengangkat jack-upnya berisi 4 silinder hidrolik di setiap sudut yang mengangkat dan menumpuk kotak baja.

Baca Juga: Bagian Bagian Dongkrak Hidrolik dan Fungsinya

3. Heavy Lifting Technology

Enerpac telah lebih dari 60 tahun merancang dan memproduksi alat angkat berat, salah satunya yaitu teknologi bertekanan tinggi yang digabungkan dengan hidrolik. 

Salah satu produknya berupa Controlled Listing Pumps yang tersedia berbagai variasi, baik kontrol beberapa silinder maupun satu silinder.

4. Bolting Tools

Tersedia pula berbagai pilihan pengencangan terkontrol dari Enerpac, di antaranya:

  • Hydraulic Torque Wrench
    Hydraulic torque wrench atau kunci torsi hidrolik sangat multifungsi di berbagai industri. Dirancang menggunakan soket tumbukan standar dan penggerak allen key sehingga dapat menghasilkan pengencangan terkontrol.
  • Pneumatic Torque Wrenches
    Lalu, ada pula Pneumatic Torque Wrenches yang dirancang untuk memberi pengikatan cepat, aman, dan sederhana untuk aplikasi yang membutuhkan solusi perbautan terkontrol. Pneumatic Torque Wrenches cocok diaplikasikan untuk volume pengencangan yang tinggi.

5. Alat Press

Enerpac juga memproduksi alat pres berkualitas, berikut beberapa jenisnya.

  • Hydraulic Press
    Hydraulic press digunakan berbagai industri untuk memadatkan bahan, menghancurkan bahan, membentuk logam, dan sebagainya. Kapasitas Enerpac Hydraulic Press ini berkisar antara 10 ton tingga 200 ton. Anda dapat memilih pengepres dalam model Bench, Arbor, C-Frame, H-Frame, dan Roll-Frame.
  • Tension Meter and Load Cells
    Merupakan tension meter dan load cell dengan akurasi +/- 2% dari skala penuh. Pembacaan dapat dilakukan rentang ganda dalam kilogram dan pound.

    Untuk tension meter Enerpac yaitu 1.000 lbs. Sedangkan load cell tersedia kapasitas mulai dari 2.000 lbs dan 200.000 lbs.

6. Pullers

Enerpac memproduksi puller mekanik atau hidrolik yang terbuat dari baja berkekuatan tinggi. Alat ini digunakan untuk menghilangkan komponen yang terpasang pada poros, sumbu, dan sebagainya.

Baca Juga: Sewa Hydraulic Cylinder Jack

7. Equalizer Flange Tool

Alat satu ini biasa digunakan untuk memudahkan pemisahan flange, sehingga dapat mempermudah pemeliharaan, perbaikan, dan penggantian komponen yang melibatkan flange.

Equalizer Flange Tool tersedia dalam banyak macam, salah satunya yang umum digunakan yaitu Flange Spreaders. Enerpac Flange Spreaders yang dirancang dengan prinsip mekanis dan hidrolik. Sehingga dapat memisahkan flange dan menyebarkan sambungan flange kecil hingga besar.

Ada banyak jenis produk Enerpac untuk membantu menyelesaikan kerja industrial Anda. Untuk harga Enerpac pun bervariasi tergantung jenis, tipe, dan spesifikasi. Umumnya, harga produk Enerpac mulai dari Rp5 jutaan.

Dapatkan produk Enerpac original dari distributor Enerpac resmi, yaitu PT. Brewdets Karya Mandiri. Hubungi sekarang untuk informasi lebih lanjut dan penawaran spesial.

standar tangki timbun pertamina

Standar Tangki Timbun Pertamina Sesuai Permenhan No. 8 Tahun 2019

Di antara berbagai jenis tangki industri, terdapat tangki timbun yang sering digunakan di industri minyak dan gas. Mengingat jenis bahan yang disimpannya, desain dan instalasi tangki timbun memiliki standardisasinya tersendiri untuk menjaga keselamatan dan keamanan kerja. Lalu, seperti apa standar tangki timbun Pertamina yang aman?

Sebelum masuk ke pembahasan standar tangki timbun Pertamina, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dulu apa itu tangki timbun, spesifikasi, hingga fungsinya.

Apa Itu Tangki Timbun?

Menurut Permenaker No. 37 Tahun 2016, tangki timbun adalah bejana selain bejana tekanan yang digunakan untuk menyimpan atau menimbun cairan bahan berbahaya atau cairan lainnya, di dalamnya terdapat gaya tekanan yang ditimbulkan oleh berat cairan yang disimpan atau ditimbun dengan volume tertentu.

Jadi, tangki timbun merupakan tangki yang dirancang untuk menyimpan bahan cair atau gas, seperti produk yang dihasilkan dari industri minyak dan gas, kimia, hingga petrokimia dalam jumlah besar. Termasuk PT Pertamina juga menggunakan tangki timbun untuk menjaga pasokan BBM mereka.

Tangki timbun dikenal juga dengan nama tangki atmosferik. Umumnya terbuat material terbuat dari plastik polyethylene (HDPE), alloy steel, atau carbon steel yang tahan terhadap tekanan dan korosi.

Tangki ini dirancang dengan teknologi dan peralatan khusus. Dilengkapi juga dengan sistem pengaman, seperti katup pengaman tekanan, pengendalian suhu, dan sistem pemantauan. Sehingga tangki dapat menampung cairan atau gas bertekanan dengan aman, serta memudahkan operator dalam pengecekan berkala.

Berbeda dengan tangki pendam yang diletakan terkubur di bawah tanah. Tangki timbun (above ground tank) diletakan di luar ruangan atau di atas tanah dan terpapar langsung dengan cuaca dan lingkungan. Hal ini akan mempermudah dalam penyaluran atau distribusi BBM ke berbagai lokasi di terminal distribusi.

Baca juga: Jasa Jacking Tangki TBBM

Standar Tangki Timbun

Berikut ketentuan standar tangki timbun Pertamina sesuai yang tercantum dalam Peraturan Menteri Pertahanan No. 8 Tahun 2019, yaitu:

  1. Pendam simpan paling sedikit kapasitas 15000/15 (lima belas per lima belas) ton.
  2. Ketebalan tangki.
  3. Tangki timbun dianjurkan menggunakan peralatan yang sudah beredar di Indonesia dan penggunaannya sudah mendapat izin usaha dari Dinas Pertambangan.
  4. Bahan tangki dari plat baja yang dapat dilas dengan baik, mengandung tidak lebih dari 0,02% karbon, 0,06% sulfur, atau 0,0605 phosphor.
  5. Selain plat baja, bahan tangki memungkinkan terbuat dari serat plastik yang dipertebal atau material lain yang didesain, difabrikasi, dan diuji berdasarkan standar dan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  6. Tangki dilengkapi dengan manhole berdiameter paling kecil 8 inchi, harus berdinding ganda untuk pelindung dengan tujuan jika terjadi kebocoran BBM tetap di lokasi tersebut, terbuat dari bahan lembaran HDPE sebagai Geomembran, serat plastik yang dipertebal, atau material lain yang didesain, difabrikasi, dan diuji berdasarkan standar dan ketentuan perundang-undangan.
  7. Tangki dapat berbentuk silinder panjang dengan dibuat memanjang ke atas, dibentuk sesuai dengan gambar konstruksi dan dipres, serta tidak dibenarkan dibentuk dengan beberapa segmen datar, kemudian plat datar dibentuk dengan cara dirol sehingga merupakan Tembereng.
  8. Pipa hawa (vapor velve) berdiameter 2 inci, tinggi 4 meter, dengan saringan gas untuk solar dan PV valve untuk bensin atau High Grade Gasoline.
  9. Pipa penyalur berdiameter paling kecil 2 inci untuk mengembalikan uap BBM ke mobil tangki.
  10. Pipa curah (discharged pipe) berdiameter 3 inci atau 4 inchi untuk setiap tangki lengkap dengan saringan dan quick coupling atau tide seal yang di ditempatkan di dalam tempat lubang.
  11. Sebuah dip pipa berdiameter 1,25 inchi dan gas pipa penghubung 2,0 inchi lengkap dengan rumah tongkat ukur. Pipa untuk tongkat ukur diletakan 10 cm dari dasar tangki.
  12. Pipa hisap atau pipa tekan thermoplastic dilengkapi katup buka, katup segitiga, dan katup datar.
  13. Tangki dan pompa, serta kanopi masing-masing dilengkapi kabel pentanahan (grounding cable) menggunakan kabel tembaga lilit BC 25 dan titik arde harus mencapai permukaan tanah.
  14. Tangki dihubungkan lempengan plat tebal 6 mm untuk jepitan arde dari mobil tangki.
  15. Seluruh tangki harus dilindungi dari kemungkinan terjadinya korosi dengan pelapis dan harus diuji dengan standar yang berlaku.

Demikian penjelasan mengenai standar tangki timbun Pertamina yang perlu Anda ketahui. Adanya tangki ini membantu mempermudah penyimpanan BBM yang siap disalurkan ke berbagai terminal distribusi.

Bagian-Bagian-Dongkrak Hidrolik dan Fungsinya

Bagian Bagian Dongkrak Hidrolik dan Fungsinya

Terbayang betapa sulitnya mengangkat mobil dengan tenaga sendiri saat hendak mengganti ban yang bocor? Pada situasi tersebutlah dongkrak hidrolik sangat dibutuhkan. Sebelum mulai digunakan, alangkah baiknya untuk mengetahui bagian-bagian dongkrak hidrolik dan fungsinya terlebih dulu.

Dongkrak hidrolik merupakan alat pengungkit yang berfungsi untuk mengangkat kendaraan dengan memanfaatkan cairan fluida. Setiap bengkel memiliki alat satu ini yang digunakan untuk menaikkan kendaraan saat montir harus memeriksa mesin bagian bawah.

Di pasaran, Anda bisa menemukan berbagai macam bentuk dongkrak hidrolik. Namun, untuk pemakaian mobil keluarga, Anda bisa memilih dongkrak hidrolik botol dengan kapasitas ukuran 1 – 2 ton. Sedangkan untuk pemakaian truk atau barang yang lebih berat biasanya menggunakan dongkrak hidrolik berkapasitas 5 ton, 10 ton, 30 ton, hingga 100 ton.

Dongkrak hidrolik botol memiliki bentuk ringkas dan cukup kecil untuk disimpan di dalam mobil. Sehingga ringan dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan.

Dengan adanya dongkrak hidrolik dalam toolkit mobil, Anda akan sangat terbantu saat ban mobil mengalami kerusakan dalam situasi darurat dan harus segera diganti. Sebelum Anda mulai mencoba menggunakannya, pertama-tama kenali lebih dulu komponen dalam dongkrak hidrolik dan perannya masing-masing.

Bagian Bagian Dongkrak Hidrolik dan Fungsinya

Bagian Bagian Dongkrak Hidrolik dan Fungsinya
Bagian Bagian Dongkrak Hidrolik dan Fungsinya

Mengetahui bagian-bagian dongkrak hidrolik dan fungsinya tak hanya dapat membantu Anda saat mengoperasikannya, namun juga perawatannya. Berikut selengkapnya.

1. Tangkai pompa (handle)

Bagian ini berfungsi untuk mengoperasikan dongkrak. Gerakan naik turun yang terjadi pada handle dongkrak akan memompa cairan hidrolik ke dalam silinder dan menciptakan tekanan yang menjadi daya angkat beban.

2. Silinder hidrolik

Silinder hidrolik adalah komponen utama pada dongkrak hidrolik yang mengalami perubahan panjang saat tekanan hidrolik diberlakukan. Di dalam silinder hidrolik terdapat tabung silinder yang diisi dengan cairan hidrolik dan sebuah piston yang dapat bergerak.

Saat cairan hidrolik dipompa ke dalam silinder, tekanan yang diciptakan akan mendorong piston ke atas atas atau ke bawah. Hal ini menyebabkan perubahan posisi, mengangkat atau menurunkan kendaraan.

3. Piston

Bagian dongkrak hidrolik selanjutnya yaitu piston yang berada di dalam tabung silinder. Piston akan bergerak sesuai dengan tekanan hidrolik yang diterapkan ke dalam silinder.

Piston inilah yang mengubah tekanan hidrolik menjadi energi mekanis. Sehingga dapat memindahkan beban yang ingin diangkat atau diturunkan.

4. Klep atau katup pengontrol

Klep atau katup memiliki fungsi sebagai pengatur arah aliran cairan hidrolik. Saat Anda mengatur katup kontrol ini, gerakan piston dan naik turunnya kendaraan yang diangkat dapat dikendalikan dengan lebih tepat.

5. Reservoir cairan

Merupakan tempat penyimpanan cairan hidrolik. Cairan hidrolik yang dibutuhkan untuk mengoperasikan dongkrak diletakan di dalam reservoir ini. Terdapat indikator level cairan untuk memastikan bahwa terdapat cairan yang cukup di dalamnya agar dongkrak bisa dioperasikan.

6. Pompa hidrolik

Fungsi pompa hidrolik yaitu untuk menyuplai cairan dari reservoir ke dalam silinder, sehingga dapat menciptakan tekanan dalam sistem hidrolik. Pompa hidrolik dioperasikan dengan gerakan naik turun pada handle.

7. Kaki penopang

Sementara itu, kaki penopang digunakan untuk memberi stabilitas saat dongkrak digunakan dan mencegah dongkrak tergelincir selama proses pengangkatan atau penurunan.

8. Selang hidrolik

Bagian dongkrak hidrolik ini berfungsi sebagai penghubung antara reservoir, pompa hidrolik, dan silinder hidrolik. Selang yang dipilih haruslah tahan terhadap bahan kimia dan tekanan tinggi.

9. Manometer

Dongkrak hidrolik juga dilengkapi dengan manometer yang dapat memperlihatkan berapa tekanan hidrolik dalam dongkrak. Fitur ini sangat penting dipantau selama proses pengangkatan atau penurunan untuk menghindari kecelakaan kerja.

10. Filter hidrolik

Kemudian, filter hidrolik merupakan bagian yang berfungsi sebagai penyaring cairan hidrolik dari partikel-partikel kecil yang dapat merusak komponen dongkrak. Biasanya, partikel dihasilkan dari kotoran dalam sistem atau keausan komponen.

11. Cairan hidrolik

Cairan hidrolik merupakan komponen utama pada dongkrak hidrolik. Gunanya sebagai media yang mentransmisikan tekanan dari pompa ke silinder, sehingga memungkinkan pengangkatan dan penurunan kendaraan.

Cairan hidrolik harus tahan terhadap suhu, korosi, dan tekanan. Karena itu, Anda perlu memperhatikan saat memilih cairan hidrolik untuk menjaga kinerja dongkrak hidrolik.

Mengetahui bagian bagian dongkrak hidrolik dan fungsinya tentu akan mempermudah Anda dalam mengoperasikan alat ini.

Hindari mendongkrak kendaraan terlalu tinggi, karena hal itu dapat membuat dongkrak patah atau mobil tergelincir. Tinggi dongkrak yang disarankan aman yaitu tidak lebih dari 15 cm. Meski mudah, namun cara menggunakan dongkrak hidrolik tetap harus hati-hati untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk penggunaan dongkrak hidrolik dalam jangka waktu tertentu, Anda bisa sewa hydraulic torque wrench pada PT. Brewdets Karya Mandiri.

Cara Menggunakan Dongkrak Hidrolik

Cara Menggunakan Dongkrak Hidrolik

Cara menggunakan dongkrak hidrolik | Salah satu peralatan otomotif yang perlu dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan, terutama kendaraan roda 4 atau lebih, yaitu dongkrak hidrolik. Alat ini sering digunakan dalam keadaan darurat, seperti ketika ban bocor di tengah jalan dan harus segera diganti.

Karena keberadaannya yang penting, maka Anda juga perlu mengetahui cara menggunakan dongkrak hidrolik. Sehingga ketika terjadi kerusakan pada bagian kendaraan, Anda bisa mencari tahu penyebabnya dan memperbaikinya dengan cepat.

Meski banyak yang belum paham, sebenarnya mengoperasikan dongkrak hidrolik cukup mudah dan tidak memerlukan banyak tenaga. Berikut penjelasannya lebih lanjut.

Prinsip Kerja Dongkrak Hidrolik

Dongkrak hidrolik adalah alat pengungkit yang berfungsi untuk membantu mengangkat beban berat dengan memanfaatkan cairan fluida hidrolik. Dongkrak ini terdiri dari beberapa komponen, yaitu silinder hidrolik, piston, pompa hidrolik, reservoir, klep atau katup kontrol, filter hidrolik, dan kaki penopang.

Anda bisa menemukan pengungkit ini di pasaran dalam berbagai pilihan bentuk. Namun yang paling populer dipilih oleh pengendara yaitu dongkrak hidrolik botol.

Disebut dongkrak botol karena bentuknya yang memanjang mirip seperti sebuah botol. Karena itu, dongkrak hidrolik juga sering disebut dongkrak botol.

Sebagian besar pengendara mobil memilih dongkrak hidrolik botol karena bentuknya yang ringkas dan tidak terlalu besar. Sehingga mudah disimpan dan tidak memakan banyak ruang ketika diletakan di bagasi mobil atau kolong jok.

Selain macam-macam kunci bengkel, dongkrak hidrolik sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari toolkit mobil yang wajib dibawa saat berkendara. Pastinya, Anda akan sangat kerepotan saat tiba-tiba ban bocor atau kempes di jalan yang jauh dari bengkel.

Namun, jika Anda membawa dongkrak hidrolik sendiri, Anda bisa mengangkat mobil tanpa susah payah, karena cara menggunakan dongkrak hidrolik yang mudah. Dengan demikian, proses penggantian ban Anda yang bermasalah pun bisa berjalan lebih efisien tanpa harus ke bengkel.

Atau ketika Anda ingin melakukan pengecekan rutin pada kondisi kendaraan. Dongkrak hidrolik juga bisa digunakan untuk membantu proses pengecekan bagian bawah kendaraan. Selain itu, dongkrak hidrolik juga digunakan sebagai alat pasang jack stand untuk memudahkan catalytic converter.

Dongkrak hidrolik terbuat dari baja berat. Ukuran kapasitasnya pun bermacam-macam, mulai dari 1,5 ton, 2 ton, 3 ton, 5 ton, 10 ton, 20 ton, 30 ton, 50 ton, dan 100 ton. Untuk dongkrak mobil sendiri kapasitas umumnya yaitu sekitar 1-2 ton.

Baca juga: Kegunaan Dongkrak Hidrolik

Cara Menggunakan Dongkrak Hidrolik

Cara Menggunakan Dongkrak Hidrolik
Cara Menggunakan Dongkrak Hidrolik

Perlu Anda tahu, dongkrak hidrolik merupakan dongkrak yang menggunakan prinsip kerja hukum Pascal. Di mana hukum Pascal sendiri menyatakan, “tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup diteruskan oleh zat cair itu ke segala arah dengan sama besar (sama rata)”.

Dongkrak hidrolik memiliki dua tabung dengan diameter berbeda namun saling berhubungan. Masing-masing berisi cairan fluida yang berperan dalam menciptakan tekanan. Berikut cara menggunakan dongkrak hidrolik yang tepat.

1. Posisi awal

Letakkan dongkrak pada titik tumpu dongkrak yang umumnya berada di antara batang gardan di dekat suspensi. Jika tidak ada titik tumpu, Anda bisa meletakkannya pada sasis kendaraan untuk penggunaan di belakang dan untuk penggunaan di depan letakkan pada bagian arm.

Sementara untuk mobil yang memiliki rangka monokok, Anda bisa meletakkan dongkrak hidrolik pada sasis. Pastikan dongkrak ditempatkan secara stabil.

2. Pompa cairan

Pastikan katup pelepas tekanan (release valve) pada dongkrak dalam posisi tertutup. Lalu, gunakan tuas pompa yang terhubung dengan dongkrak untuk memasukkan cairan hidrolik ke silinder. Hal ini akan menciptakan tekanan yang meningkat di dalam silinder.

3. Angkat kendaraan

Saat tekanan sudah cukup tinggi, piston akan terdorong ke atas dan kendaraan akan naik dengan otomatis. Saat proses pengangkatan kendaraan ini, pastikan Anda harus selalu mengawasinya.

4. Menurunkan kendaraan

Buka klep atau katup yang mengendalikan aliran cairan dari silinder, sehingga tekanan dalam silinder akan berkurang dan kendaraan dapat turun secara perlahan.

Tetap hati-hati dalam menggunakan dongkrak hidrolik. Hindari mendongkrak lebih dari 15 cm untuk mencegah kecelakaan kerja.

Untuk penggunaan dongkrak hidrolik dalam jangka waktu tertentu, Anda bisa sewa hydraulic torque wrench pada PT. Brewdets Karya Mandiri.

Cara Kerja Dongkrak Hidrolik

Cara Kerja Dongkrak Hidrolik

Cara Kerja Dongkrak Hidrolik | Ban bocor menjadi salah satu masalah paling umum yang terjadi pada kendaraan roda 4 atau lebih. Saat memperbaikinya, dongkrak hidrolik kerap digunakan untuk mempermudah melepas ban mobil tanpa repot mengeluarkan tenaga berlebih.

Apa Itu Dongkrak Hidrolik?

Cara Kerja Dongkrak Hidrolik
Cara Kerja Dongkrak Hidrolik

Pada dasarnya, dongkrak atau car jack merupakan tuas yang digunakan untuk mengangkat beban berat, termasuk alat-alat industri dan kendaraan. Dengan adanya dongkrak akan mempermudah pekerjaan manusia saat harus mengangkat benda yang beratnya mencapai ratusan kilogram, sehingga tidak perlu kewalahan mengangkat manual dengan tangan.

Di pasaran, Anda dapat menemukan bermacam-macam jenis dongkrak untuk kebutuhan mekanik, otomotif, hingga industri dengan dengan bentuk, cara kerja, dan spesifikasinya masing-masing. Namun, secara umum dua jenis dongkrak berdasarkan sistem gayanya yaitu dongkrak mekanik dan hidrolik.

Di saat dongkrak mekanik menggunakan sistem mekanis dalam menambahkan gaya ketika pengguna mengangkat beban berat, maka dongkrak hidrolik memaksimalkan kinerja tekanan hidrolik oleh fluida cair.

Dongkrak hidrolik adalah jenis dongkrak yang mengandalkan liquid atau cairan khusus (fluida cair) untuk membantu proses pengangkatan alat berat. Dongkrak hidrolik umum dijadikan sebagai alat mesin press untuk melepas atau memasang komponen alat tertentu yang sulit dikerjakan.

Meski space dan ukurannya kecil, namun dongkrak hidrolik mudah dalam pengoperasiannya, ditambah memiliki mobilitas tinggi dan perawatan yang mudah. Karena itu, dongkrak hidrolik termasuk jenis dongkrak yang paling banyak digunakan.

Karena menjadi alat yang penting bagi setiap pengendara roda 4, maka Anda perlu tahu cara kerja dongkrak hidrolik berikut ini.

Baca juga: Sewa Hydraulic Torque Wrench

Cara Kerja Dongkrak Hidrolik Berdasarkan Hukum Pascal

Pada dasarnya, cara kerja dongkrak hidrolik sederhana bekerja berdasarkan hukum Pascal. Di mana hukum Pascal sendiri menyatakan, “tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup diteruskan oleh zat cair itu ke segala arah dengan sama besar (sama rata)”.

Jadi, dongkrak hidrolik bekerja dengan memberikan tekanan pada ruang berisi minyak atau zat cair yang dikenal dengan fluida. Saat satu sisi ruang diberi tekanan atau daya tertentu, maka sisi lainnya akan memunculkan tekanan lebih besar dari tekanan yang semula dikeluarkan.

Fluida sendiri dimanfaatkan dengan mengubahnya menjadi tekanan. Untuk dapat menghasilkan tekanan, maka harus ada hambatan aliran cairan dalam sistem hidrolik.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa cermati gambar cara kerja dongkrak hidrolik berikut.

Cara Kerja Dongkrak Hidrolik Berdasarkan Hukum Pascal
Cara Kerja Dongkrak Hidrolik Berdasarkan Hukum Pascal. Sumber: Blog Tehniq

Berikut penjelasan dari cara kerja dongkrak hidrolik berdasarkan hukum Pascal di atas. Cara kerja dongkrak hidrolik sederhana dimulai saat piston sedang tertarik, maka akan terjadi perluasan ruang di dalam pompa.

Semakin besar ruang di dalam pompa, maka tekanannya akan semakin kecil. Hal ini dapat terjadi karena tekanan udara jauh lebih tinggi dibandingkan tekanan ruang pompa.

Adanya perbedaan tekanan tersebut membuat fluida otomatis mengalir masuk ke ruang dongkrak, melalui check valve di saluran inlet. Ketika piston didorong masuk atau dilepas, gerakan tersebut akan menimbulkan tekanan fluida atau minyak yang berusaha keluar. Tekanan yang bisa sangat besar tersebut kemudian mengeluarkan energi potensial fluida.

Tekanan yang besar saat fluida berusaha keluar inilah yang kemudian mengeluarkan energi potensial fluida. Setelah melalui hambatan-hambatan yang ada pada rangkaian sistem hidrolik, fluida baru akan menghasilkan tekanan.

Cara Kerja Dongkrak Hidrolik Botol

Dongkrak hidrolik botol adalah salah satu jenis dongkrak yang bekerja dengan prinsip hukum Pascal, yaitu mengandalkan cairan fluida. Dinamakan dongkrak hidrolik botol karena dongkrak ini berbentuk seperti botol. Dongkrak jenis ini juga termasuk banyak digunakan di bengkel mobil maupun dimiliki secara pribadi.

Cara kerja dongkrak hidrolik botol tidak jauh berbeda dari penjelasan sebelumnya. Cara kerjanya untuk mengangkat mobil yaitu dengan dipompa menggunakan tuas yang sudah disertakan pada dongkrak.

Lalu, jika ingin menurunkan beban berat yang diangkat, Anda tinggal mengendorkan katupnya. Jenis dongkrak hidrolik botol pun terdiri dari berbagai pilihan kapasitas, mulai dari 2 ton, 5 ton, bahkan 100 ton.

Baca juga: Sewa Hydraulic Jack Cylinder

Penutup

Itulah tadi penjelasan cara kerja dongkrak hidrolik yang kerap dimanfaatkan untuk mengangkat alat-alat berat. Meski kecil, namun keberadaan dongkrak hidrolik sangat penting di berbagai industri, mulai dari otomotif hingga perkapalan.