rental hydraulic jack

7 Jenis Produk Enerpac, Merek Alat Industri Terkemuka di Dunia

Bagi Anda yang bergelut di bidang peralatan industri, pasti sudah tidak asing dengan Enerpac.

Enerpac merupakan merek peralatan industri asal Amerika Serikat yang sudah terkenal di seluruh mendunia. Perusahaan ini berdiri tahun 1959 dan saat ini menjadi bagian dari divisi Enerpac Tool Group (NYSE: EPAC) yang berkantor pusat di Menomonee Falls, Wisconsin.

Enerpac menyediakan berbagai peralatan untuk kebutuhan industri minyak dan gas, pembangkit listrik, infrastruktur, pertambangan, manufaktur, konstruksi, dan petrokimia. Produk-produknya didistribusikan secara global, termasuk ke Australia, Timur Tengah, dan Indonesia. Dengan produk best seller mereka, yaitu produk hidrolik.

Ada puluhan produk yang dihasilkan oleh Enerpac, yang paling populer yaitu produk hidrolik dan dongkrak.

Bagi Anda yang sedang mencari alat industri seperti pompa hidrolik dan cylinder jack untuk menunjang kelancaran proyek, berikut beberapa produk Enerpac yang bisa Anda pertimbagkan.

1. Pumps and Power Unit

Pompa hidrolik adalah salah satu produk paling populer dari Enerpac. Pompa hidrolik Enerpac memiliki spesifikasi yang unggul dan kokoh. Berikut beberapa macam pompa dan power unit dari Enerpac.

  • Manual Pumps
    Pompa hidrolik yang dioperasikan menggunakan tangan dan kaki. Pompa manual Enerpac mampu menghasilkan tekanan hingga 10.000 psi (700 bar).
  • Cordless Battery Pumps
    Seperti namanya, pompa ini menggunakan daya baterai untuk menghasilkan tekanan hidrolik. Biasanya, cordless battery pumps diaplikasikan di tempat-tempat dengan akses listrik terbatas.
  • Electric Pumps
    Pompa ini menggunakan tenaga listrik untuk menghasilkan tekanan hidrolik. Electric Pumps Enerpac memiliki beberapa seri, di antaranya Seri PU (aliran ringan), seri E-Pulse (aliran tinggi), seri ZU (aliran tinggi dengan motor universal), dan seri ZE (aliran tinggi dengan laju bervariasi).
  • Air Pumps
    Enerpac juga menyediakan pompa hidrolik bertenaga udara yang cocok diaplikasikan di lokasi yang memiliki akses ke saluran udara bertekanan.
  • Controlled Lifting Pumps
    Pompa ini sangat efektif untuk kebutuhan pengangkatan dan penurunan di banyak titik. Controlled Lifting Pumps Enerpac juga memiliki beberapa seri dengan sinkronisasi antara 1 mm hingga 4%.

2. Cylinders and Jack

Enerpac juga menyediakan pilihan silinder dan dongkrak dengan ratusan konfigurasi serta sistem pengangkatan yang berbeda. Berikut produk silinder dan dongkrak Enerpac.

  • Cylinders
    Silinder merupakan komponen penting dalam sistem hidrolik. Silinder Enerpac dirancang untuk dapat menghasilkan kekuatan 5 hingga 1.000 ton dan dapat menghasilkan hingga 58” (1219 mm) langkah.
  • Cylinder and Pump Sets
    Enerpac juga menyediakan satu set silinder hidrolik dan pompa siap pakai. Dalam satu set, Anda bisa mendapatkan dongkrak hidrolik (ram) kerja tunggal, pompa dua kecepatan, selang 6 kaki, pengukur terkalibrasi, dan adaptor pengukur.
  • Jacks
    Dongkrak hidrolik Enerpac merupakan salah satu dongkrak terbaik karena tahan lama, serta portabel untuk pengangkatan dan pemasangan ketat. Kapasitas beban Jack Enerpac pun bervariasi, mencapai 100 ton, sehingga memberi Anda banyak pilihan sesuai kebutuhan.

    Sementara itu, harga Enerpac Hydraulic Jack 50 ton yaitu sekitar Rp26 juta, lalu untuk Enerpac Hydraulic Jack 100 ton yaitu berkisar Rp64 juta rupiah.
     
  • Sistem Jack-Up
    Sistem jack-up Enerpac merupakan sistem pengangkatan multipoint yang mencakup 4 unit jack-up dengan kapasitas angkat 2.000 metrik ton (500 ton per unit. Rangka pengangkat jack-upnya berisi 4 silinder hidrolik di setiap sudut yang mengangkat dan menumpuk kotak baja.

Baca Juga: Bagian Bagian Dongkrak Hidrolik dan Fungsinya

3. Heavy Lifting Technology

Enerpac telah lebih dari 60 tahun merancang dan memproduksi alat angkat berat, salah satunya yaitu teknologi bertekanan tinggi yang digabungkan dengan hidrolik. 

Salah satu produknya berupa Controlled Listing Pumps yang tersedia berbagai variasi, baik kontrol beberapa silinder maupun satu silinder.

4. Bolting Tools

Tersedia pula berbagai pilihan pengencangan terkontrol dari Enerpac, di antaranya:

  • Hydraulic Torque Wrench
    Hydraulic torque wrench atau kunci torsi hidrolik sangat multifungsi di berbagai industri. Dirancang menggunakan soket tumbukan standar dan penggerak allen key sehingga dapat menghasilkan pengencangan terkontrol.
  • Pneumatic Torque Wrenches
    Lalu, ada pula Pneumatic Torque Wrenches yang dirancang untuk memberi pengikatan cepat, aman, dan sederhana untuk aplikasi yang membutuhkan solusi perbautan terkontrol. Pneumatic Torque Wrenches cocok diaplikasikan untuk volume pengencangan yang tinggi.

5. Alat Press

Enerpac juga memproduksi alat pres berkualitas, berikut beberapa jenisnya.

  • Hydraulic Press
    Hydraulic press digunakan berbagai industri untuk memadatkan bahan, menghancurkan bahan, membentuk logam, dan sebagainya. Kapasitas Enerpac Hydraulic Press ini berkisar antara 10 ton tingga 200 ton. Anda dapat memilih pengepres dalam model Bench, Arbor, C-Frame, H-Frame, dan Roll-Frame.
  • Tension Meter and Load Cells
    Merupakan tension meter dan load cell dengan akurasi +/- 2% dari skala penuh. Pembacaan dapat dilakukan rentang ganda dalam kilogram dan pound.

    Untuk tension meter Enerpac yaitu 1.000 lbs. Sedangkan load cell tersedia kapasitas mulai dari 2.000 lbs dan 200.000 lbs.

6. Pullers

Enerpac memproduksi puller mekanik atau hidrolik yang terbuat dari baja berkekuatan tinggi. Alat ini digunakan untuk menghilangkan komponen yang terpasang pada poros, sumbu, dan sebagainya.

Baca Juga: Sewa Hydraulic Cylinder Jack

7. Equalizer Flange Tool

Alat satu ini biasa digunakan untuk memudahkan pemisahan flange, sehingga dapat mempermudah pemeliharaan, perbaikan, dan penggantian komponen yang melibatkan flange.

Equalizer Flange Tool tersedia dalam banyak macam, salah satunya yang umum digunakan yaitu Flange Spreaders. Enerpac Flange Spreaders yang dirancang dengan prinsip mekanis dan hidrolik. Sehingga dapat memisahkan flange dan menyebarkan sambungan flange kecil hingga besar.

Ada banyak jenis produk Enerpac untuk membantu menyelesaikan kerja industrial Anda. Untuk harga Enerpac pun bervariasi tergantung jenis, tipe, dan spesifikasi. Umumnya, harga produk Enerpac mulai dari Rp5 jutaan.

Dapatkan produk Enerpac original dari distributor Enerpac resmi, yaitu PT. Brewdets Karya Mandiri. Hubungi sekarang untuk informasi lebih lanjut dan penawaran spesial.

standar tangki timbun pertamina

Standar Tangki Timbun Pertamina Sesuai Permenhan No. 8 Tahun 2019

Di antara berbagai jenis tangki industri, terdapat tangki timbun yang sering digunakan di industri minyak dan gas. Mengingat jenis bahan yang disimpannya, desain dan instalasi tangki timbun memiliki standardisasinya tersendiri untuk menjaga keselamatan dan keamanan kerja. Lalu, seperti apa standar tangki timbun Pertamina yang aman?

Sebelum masuk ke pembahasan standar tangki timbun Pertamina, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dulu apa itu tangki timbun, spesifikasi, hingga fungsinya.

Apa Itu Tangki Timbun?

Menurut Permenaker No. 37 Tahun 2016, tangki timbun adalah bejana selain bejana tekanan yang digunakan untuk menyimpan atau menimbun cairan bahan berbahaya atau cairan lainnya, di dalamnya terdapat gaya tekanan yang ditimbulkan oleh berat cairan yang disimpan atau ditimbun dengan volume tertentu.

Jadi, tangki timbun merupakan tangki yang dirancang untuk menyimpan bahan cair atau gas, seperti produk yang dihasilkan dari industri minyak dan gas, kimia, hingga petrokimia dalam jumlah besar. Termasuk PT Pertamina juga menggunakan tangki timbun untuk menjaga pasokan BBM mereka.

Tangki timbun dikenal juga dengan nama tangki atmosferik. Umumnya terbuat material terbuat dari plastik polyethylene (HDPE), alloy steel, atau carbon steel yang tahan terhadap tekanan dan korosi.

Tangki ini dirancang dengan teknologi dan peralatan khusus. Dilengkapi juga dengan sistem pengaman, seperti katup pengaman tekanan, pengendalian suhu, dan sistem pemantauan. Sehingga tangki dapat menampung cairan atau gas bertekanan dengan aman, serta memudahkan operator dalam pengecekan berkala.

Berbeda dengan tangki pendam yang diletakan terkubur di bawah tanah. Tangki timbun (above ground tank) diletakan di luar ruangan atau di atas tanah dan terpapar langsung dengan cuaca dan lingkungan. Hal ini akan mempermudah dalam penyaluran atau distribusi BBM ke berbagai lokasi di terminal distribusi.

Baca juga: Jasa Jacking Tangki TBBM

Standar Tangki Timbun

Berikut ketentuan standar tangki timbun Pertamina sesuai yang tercantum dalam Peraturan Menteri Pertahanan No. 8 Tahun 2019, yaitu:

  1. Pendam simpan paling sedikit kapasitas 15000/15 (lima belas per lima belas) ton.
  2. Ketebalan tangki.
  3. Tangki timbun dianjurkan menggunakan peralatan yang sudah beredar di Indonesia dan penggunaannya sudah mendapat izin usaha dari Dinas Pertambangan.
  4. Bahan tangki dari plat baja yang dapat dilas dengan baik, mengandung tidak lebih dari 0,02% karbon, 0,06% sulfur, atau 0,0605 phosphor.
  5. Selain plat baja, bahan tangki memungkinkan terbuat dari serat plastik yang dipertebal atau material lain yang didesain, difabrikasi, dan diuji berdasarkan standar dan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  6. Tangki dilengkapi dengan manhole berdiameter paling kecil 8 inchi, harus berdinding ganda untuk pelindung dengan tujuan jika terjadi kebocoran BBM tetap di lokasi tersebut, terbuat dari bahan lembaran HDPE sebagai Geomembran, serat plastik yang dipertebal, atau material lain yang didesain, difabrikasi, dan diuji berdasarkan standar dan ketentuan perundang-undangan.
  7. Tangki dapat berbentuk silinder panjang dengan dibuat memanjang ke atas, dibentuk sesuai dengan gambar konstruksi dan dipres, serta tidak dibenarkan dibentuk dengan beberapa segmen datar, kemudian plat datar dibentuk dengan cara dirol sehingga merupakan Tembereng.
  8. Pipa hawa (vapor velve) berdiameter 2 inci, tinggi 4 meter, dengan saringan gas untuk solar dan PV valve untuk bensin atau High Grade Gasoline.
  9. Pipa penyalur berdiameter paling kecil 2 inci untuk mengembalikan uap BBM ke mobil tangki.
  10. Pipa curah (discharged pipe) berdiameter 3 inci atau 4 inchi untuk setiap tangki lengkap dengan saringan dan quick coupling atau tide seal yang di ditempatkan di dalam tempat lubang.
  11. Sebuah dip pipa berdiameter 1,25 inchi dan gas pipa penghubung 2,0 inchi lengkap dengan rumah tongkat ukur. Pipa untuk tongkat ukur diletakan 10 cm dari dasar tangki.
  12. Pipa hisap atau pipa tekan thermoplastic dilengkapi katup buka, katup segitiga, dan katup datar.
  13. Tangki dan pompa, serta kanopi masing-masing dilengkapi kabel pentanahan (grounding cable) menggunakan kabel tembaga lilit BC 25 dan titik arde harus mencapai permukaan tanah.
  14. Tangki dihubungkan lempengan plat tebal 6 mm untuk jepitan arde dari mobil tangki.
  15. Seluruh tangki harus dilindungi dari kemungkinan terjadinya korosi dengan pelapis dan harus diuji dengan standar yang berlaku.

Demikian penjelasan mengenai standar tangki timbun Pertamina yang perlu Anda ketahui. Adanya tangki ini membantu mempermudah penyimpanan BBM yang siap disalurkan ke berbagai terminal distribusi.

Bagian-Bagian-Dongkrak Hidrolik dan Fungsinya

Bagian Bagian Dongkrak Hidrolik dan Fungsinya

Terbayang betapa sulitnya mengangkat mobil dengan tenaga sendiri saat hendak mengganti ban yang bocor? Pada situasi tersebutlah dongkrak hidrolik sangat dibutuhkan. Sebelum mulai digunakan, alangkah baiknya untuk mengetahui bagian-bagian dongkrak hidrolik dan fungsinya terlebih dulu.

Dongkrak hidrolik merupakan alat pengungkit yang berfungsi untuk mengangkat kendaraan dengan memanfaatkan cairan fluida. Setiap bengkel memiliki alat satu ini yang digunakan untuk menaikkan kendaraan saat montir harus memeriksa mesin bagian bawah.

Di pasaran, Anda bisa menemukan berbagai macam bentuk dongkrak hidrolik. Namun, untuk pemakaian mobil keluarga, Anda bisa memilih dongkrak hidrolik botol dengan kapasitas ukuran 1 – 2 ton. Sedangkan untuk pemakaian truk atau barang yang lebih berat biasanya menggunakan dongkrak hidrolik berkapasitas 5 ton, 10 ton, 30 ton, hingga 100 ton.

Dongkrak hidrolik botol memiliki bentuk ringkas dan cukup kecil untuk disimpan di dalam mobil. Sehingga ringan dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan.

Dengan adanya dongkrak hidrolik dalam toolkit mobil, Anda akan sangat terbantu saat ban mobil mengalami kerusakan dalam situasi darurat dan harus segera diganti. Sebelum Anda mulai mencoba menggunakannya, pertama-tama kenali lebih dulu komponen dalam dongkrak hidrolik dan perannya masing-masing.

Bagian Bagian Dongkrak Hidrolik dan Fungsinya

Bagian Bagian Dongkrak Hidrolik dan Fungsinya
Bagian Bagian Dongkrak Hidrolik dan Fungsinya

Mengetahui bagian-bagian dongkrak hidrolik dan fungsinya tak hanya dapat membantu Anda saat mengoperasikannya, namun juga perawatannya. Berikut selengkapnya.

1. Tangkai pompa (handle)

Bagian ini berfungsi untuk mengoperasikan dongkrak. Gerakan naik turun yang terjadi pada handle dongkrak akan memompa cairan hidrolik ke dalam silinder dan menciptakan tekanan yang menjadi daya angkat beban.

2. Silinder hidrolik

Silinder hidrolik adalah komponen utama pada dongkrak hidrolik yang mengalami perubahan panjang saat tekanan hidrolik diberlakukan. Di dalam silinder hidrolik terdapat tabung silinder yang diisi dengan cairan hidrolik dan sebuah piston yang dapat bergerak.

Saat cairan hidrolik dipompa ke dalam silinder, tekanan yang diciptakan akan mendorong piston ke atas atas atau ke bawah. Hal ini menyebabkan perubahan posisi, mengangkat atau menurunkan kendaraan.

3. Piston

Bagian dongkrak hidrolik selanjutnya yaitu piston yang berada di dalam tabung silinder. Piston akan bergerak sesuai dengan tekanan hidrolik yang diterapkan ke dalam silinder.

Piston inilah yang mengubah tekanan hidrolik menjadi energi mekanis. Sehingga dapat memindahkan beban yang ingin diangkat atau diturunkan.

4. Klep atau katup pengontrol

Klep atau katup memiliki fungsi sebagai pengatur arah aliran cairan hidrolik. Saat Anda mengatur katup kontrol ini, gerakan piston dan naik turunnya kendaraan yang diangkat dapat dikendalikan dengan lebih tepat.

5. Reservoir cairan

Merupakan tempat penyimpanan cairan hidrolik. Cairan hidrolik yang dibutuhkan untuk mengoperasikan dongkrak diletakan di dalam reservoir ini. Terdapat indikator level cairan untuk memastikan bahwa terdapat cairan yang cukup di dalamnya agar dongkrak bisa dioperasikan.

6. Pompa hidrolik

Fungsi pompa hidrolik yaitu untuk menyuplai cairan dari reservoir ke dalam silinder, sehingga dapat menciptakan tekanan dalam sistem hidrolik. Pompa hidrolik dioperasikan dengan gerakan naik turun pada handle.

7. Kaki penopang

Sementara itu, kaki penopang digunakan untuk memberi stabilitas saat dongkrak digunakan dan mencegah dongkrak tergelincir selama proses pengangkatan atau penurunan.

8. Selang hidrolik

Bagian dongkrak hidrolik ini berfungsi sebagai penghubung antara reservoir, pompa hidrolik, dan silinder hidrolik. Selang yang dipilih haruslah tahan terhadap bahan kimia dan tekanan tinggi.

9. Manometer

Dongkrak hidrolik juga dilengkapi dengan manometer yang dapat memperlihatkan berapa tekanan hidrolik dalam dongkrak. Fitur ini sangat penting dipantau selama proses pengangkatan atau penurunan untuk menghindari kecelakaan kerja.

10. Filter hidrolik

Kemudian, filter hidrolik merupakan bagian yang berfungsi sebagai penyaring cairan hidrolik dari partikel-partikel kecil yang dapat merusak komponen dongkrak. Biasanya, partikel dihasilkan dari kotoran dalam sistem atau keausan komponen.

11. Cairan hidrolik

Cairan hidrolik merupakan komponen utama pada dongkrak hidrolik. Gunanya sebagai media yang mentransmisikan tekanan dari pompa ke silinder, sehingga memungkinkan pengangkatan dan penurunan kendaraan.

Cairan hidrolik harus tahan terhadap suhu, korosi, dan tekanan. Karena itu, Anda perlu memperhatikan saat memilih cairan hidrolik untuk menjaga kinerja dongkrak hidrolik.

Mengetahui bagian bagian dongkrak hidrolik dan fungsinya tentu akan mempermudah Anda dalam mengoperasikan alat ini.

Hindari mendongkrak kendaraan terlalu tinggi, karena hal itu dapat membuat dongkrak patah atau mobil tergelincir. Tinggi dongkrak yang disarankan aman yaitu tidak lebih dari 15 cm. Meski mudah, namun cara menggunakan dongkrak hidrolik tetap harus hati-hati untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk penggunaan dongkrak hidrolik dalam jangka waktu tertentu, Anda bisa sewa hydraulic torque wrench pada PT. Brewdets Karya Mandiri.

Cara Menggunakan Dongkrak Hidrolik

Cara Menggunakan Dongkrak Hidrolik

Cara menggunakan dongkrak hidrolik | Salah satu peralatan otomotif yang perlu dimiliki oleh setiap pemilik kendaraan, terutama kendaraan roda 4 atau lebih, yaitu dongkrak hidrolik. Alat ini sering digunakan dalam keadaan darurat, seperti ketika ban bocor di tengah jalan dan harus segera diganti.

Karena keberadaannya yang penting, maka Anda juga perlu mengetahui cara menggunakan dongkrak hidrolik. Sehingga ketika terjadi kerusakan pada bagian kendaraan, Anda bisa mencari tahu penyebabnya dan memperbaikinya dengan cepat.

Meski banyak yang belum paham, sebenarnya mengoperasikan dongkrak hidrolik cukup mudah dan tidak memerlukan banyak tenaga. Berikut penjelasannya lebih lanjut.

Prinsip Kerja Dongkrak Hidrolik

Dongkrak hidrolik adalah alat pengungkit yang berfungsi untuk membantu mengangkat beban berat dengan memanfaatkan cairan fluida hidrolik. Dongkrak ini terdiri dari beberapa komponen, yaitu silinder hidrolik, piston, pompa hidrolik, reservoir, klep atau katup kontrol, filter hidrolik, dan kaki penopang.

Anda bisa menemukan pengungkit ini di pasaran dalam berbagai pilihan bentuk. Namun yang paling populer dipilih oleh pengendara yaitu dongkrak hidrolik botol.

Disebut dongkrak botol karena bentuknya yang memanjang mirip seperti sebuah botol. Karena itu, dongkrak hidrolik juga sering disebut dongkrak botol.

Sebagian besar pengendara mobil memilih dongkrak hidrolik botol karena bentuknya yang ringkas dan tidak terlalu besar. Sehingga mudah disimpan dan tidak memakan banyak ruang ketika diletakan di bagasi mobil atau kolong jok.

Selain macam-macam kunci bengkel, dongkrak hidrolik sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari toolkit mobil yang wajib dibawa saat berkendara. Pastinya, Anda akan sangat kerepotan saat tiba-tiba ban bocor atau kempes di jalan yang jauh dari bengkel.

Namun, jika Anda membawa dongkrak hidrolik sendiri, Anda bisa mengangkat mobil tanpa susah payah, karena cara menggunakan dongkrak hidrolik yang mudah. Dengan demikian, proses penggantian ban Anda yang bermasalah pun bisa berjalan lebih efisien tanpa harus ke bengkel.

Atau ketika Anda ingin melakukan pengecekan rutin pada kondisi kendaraan. Dongkrak hidrolik juga bisa digunakan untuk membantu proses pengecekan bagian bawah kendaraan. Selain itu, dongkrak hidrolik juga digunakan sebagai alat pasang jack stand untuk memudahkan catalytic converter.

Dongkrak hidrolik terbuat dari baja berat. Ukuran kapasitasnya pun bermacam-macam, mulai dari 1,5 ton, 2 ton, 3 ton, 5 ton, 10 ton, 20 ton, 30 ton, 50 ton, dan 100 ton. Untuk dongkrak mobil sendiri kapasitas umumnya yaitu sekitar 1-2 ton.

Baca juga: Kegunaan Dongkrak Hidrolik

Cara Menggunakan Dongkrak Hidrolik

Cara Menggunakan Dongkrak Hidrolik
Cara Menggunakan Dongkrak Hidrolik

Perlu Anda tahu, dongkrak hidrolik merupakan dongkrak yang menggunakan prinsip kerja hukum Pascal. Di mana hukum Pascal sendiri menyatakan, “tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup diteruskan oleh zat cair itu ke segala arah dengan sama besar (sama rata)”.

Dongkrak hidrolik memiliki dua tabung dengan diameter berbeda namun saling berhubungan. Masing-masing berisi cairan fluida yang berperan dalam menciptakan tekanan. Berikut cara menggunakan dongkrak hidrolik yang tepat.

1. Posisi awal

Letakkan dongkrak pada titik tumpu dongkrak yang umumnya berada di antara batang gardan di dekat suspensi. Jika tidak ada titik tumpu, Anda bisa meletakkannya pada sasis kendaraan untuk penggunaan di belakang dan untuk penggunaan di depan letakkan pada bagian arm.

Sementara untuk mobil yang memiliki rangka monokok, Anda bisa meletakkan dongkrak hidrolik pada sasis. Pastikan dongkrak ditempatkan secara stabil.

2. Pompa cairan

Pastikan katup pelepas tekanan (release valve) pada dongkrak dalam posisi tertutup. Lalu, gunakan tuas pompa yang terhubung dengan dongkrak untuk memasukkan cairan hidrolik ke silinder. Hal ini akan menciptakan tekanan yang meningkat di dalam silinder.

3. Angkat kendaraan

Saat tekanan sudah cukup tinggi, piston akan terdorong ke atas dan kendaraan akan naik dengan otomatis. Saat proses pengangkatan kendaraan ini, pastikan Anda harus selalu mengawasinya.

4. Menurunkan kendaraan

Buka klep atau katup yang mengendalikan aliran cairan dari silinder, sehingga tekanan dalam silinder akan berkurang dan kendaraan dapat turun secara perlahan.

Tetap hati-hati dalam menggunakan dongkrak hidrolik. Hindari mendongkrak lebih dari 15 cm untuk mencegah kecelakaan kerja.

Untuk penggunaan dongkrak hidrolik dalam jangka waktu tertentu, Anda bisa sewa hydraulic torque wrench pada PT. Brewdets Karya Mandiri.

Cara Kerja Dongkrak Hidrolik

Cara Kerja Dongkrak Hidrolik

Cara Kerja Dongkrak Hidrolik | Ban bocor menjadi salah satu masalah paling umum yang terjadi pada kendaraan roda 4 atau lebih. Saat memperbaikinya, dongkrak hidrolik kerap digunakan untuk mempermudah melepas ban mobil tanpa repot mengeluarkan tenaga berlebih.

Apa Itu Dongkrak Hidrolik?

Cara Kerja Dongkrak Hidrolik
Cara Kerja Dongkrak Hidrolik

Pada dasarnya, dongkrak atau car jack merupakan tuas yang digunakan untuk mengangkat beban berat, termasuk alat-alat industri dan kendaraan. Dengan adanya dongkrak akan mempermudah pekerjaan manusia saat harus mengangkat benda yang beratnya mencapai ratusan kilogram, sehingga tidak perlu kewalahan mengangkat manual dengan tangan.

Di pasaran, Anda dapat menemukan bermacam-macam jenis dongkrak untuk kebutuhan mekanik, otomotif, hingga industri dengan dengan bentuk, cara kerja, dan spesifikasinya masing-masing. Namun, secara umum dua jenis dongkrak berdasarkan sistem gayanya yaitu dongkrak mekanik dan hidrolik.

Di saat dongkrak mekanik menggunakan sistem mekanis dalam menambahkan gaya ketika pengguna mengangkat beban berat, maka dongkrak hidrolik memaksimalkan kinerja tekanan hidrolik oleh fluida cair.

Dongkrak hidrolik adalah jenis dongkrak yang mengandalkan liquid atau cairan khusus (fluida cair) untuk membantu proses pengangkatan alat berat. Dongkrak hidrolik umum dijadikan sebagai alat mesin press untuk melepas atau memasang komponen alat tertentu yang sulit dikerjakan.

Meski space dan ukurannya kecil, namun dongkrak hidrolik mudah dalam pengoperasiannya, ditambah memiliki mobilitas tinggi dan perawatan yang mudah. Karena itu, dongkrak hidrolik termasuk jenis dongkrak yang paling banyak digunakan.

Karena menjadi alat yang penting bagi setiap pengendara roda 4, maka Anda perlu tahu cara kerja dongkrak hidrolik berikut ini.

Baca juga: Sewa Hydraulic Torque Wrench

Cara Kerja Dongkrak Hidrolik Berdasarkan Hukum Pascal

Pada dasarnya, cara kerja dongkrak hidrolik sederhana bekerja berdasarkan hukum Pascal. Di mana hukum Pascal sendiri menyatakan, “tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup diteruskan oleh zat cair itu ke segala arah dengan sama besar (sama rata)”.

Jadi, dongkrak hidrolik bekerja dengan memberikan tekanan pada ruang berisi minyak atau zat cair yang dikenal dengan fluida. Saat satu sisi ruang diberi tekanan atau daya tertentu, maka sisi lainnya akan memunculkan tekanan lebih besar dari tekanan yang semula dikeluarkan.

Fluida sendiri dimanfaatkan dengan mengubahnya menjadi tekanan. Untuk dapat menghasilkan tekanan, maka harus ada hambatan aliran cairan dalam sistem hidrolik.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa cermati gambar cara kerja dongkrak hidrolik berikut.

Cara Kerja Dongkrak Hidrolik Berdasarkan Hukum Pascal
Cara Kerja Dongkrak Hidrolik Berdasarkan Hukum Pascal. Sumber: Blog Tehniq

Berikut penjelasan dari cara kerja dongkrak hidrolik berdasarkan hukum Pascal di atas. Cara kerja dongkrak hidrolik sederhana dimulai saat piston sedang tertarik, maka akan terjadi perluasan ruang di dalam pompa.

Semakin besar ruang di dalam pompa, maka tekanannya akan semakin kecil. Hal ini dapat terjadi karena tekanan udara jauh lebih tinggi dibandingkan tekanan ruang pompa.

Adanya perbedaan tekanan tersebut membuat fluida otomatis mengalir masuk ke ruang dongkrak, melalui check valve di saluran inlet. Ketika piston didorong masuk atau dilepas, gerakan tersebut akan menimbulkan tekanan fluida atau minyak yang berusaha keluar. Tekanan yang bisa sangat besar tersebut kemudian mengeluarkan energi potensial fluida.

Tekanan yang besar saat fluida berusaha keluar inilah yang kemudian mengeluarkan energi potensial fluida. Setelah melalui hambatan-hambatan yang ada pada rangkaian sistem hidrolik, fluida baru akan menghasilkan tekanan.

Cara Kerja Dongkrak Hidrolik Botol

Dongkrak hidrolik botol adalah salah satu jenis dongkrak yang bekerja dengan prinsip hukum Pascal, yaitu mengandalkan cairan fluida. Dinamakan dongkrak hidrolik botol karena dongkrak ini berbentuk seperti botol. Dongkrak jenis ini juga termasuk banyak digunakan di bengkel mobil maupun dimiliki secara pribadi.

Cara kerja dongkrak hidrolik botol tidak jauh berbeda dari penjelasan sebelumnya. Cara kerjanya untuk mengangkat mobil yaitu dengan dipompa menggunakan tuas yang sudah disertakan pada dongkrak.

Lalu, jika ingin menurunkan beban berat yang diangkat, Anda tinggal mengendorkan katupnya. Jenis dongkrak hidrolik botol pun terdiri dari berbagai pilihan kapasitas, mulai dari 2 ton, 5 ton, bahkan 100 ton.

Baca juga: Sewa Hydraulic Jack Cylinder

Penutup

Itulah tadi penjelasan cara kerja dongkrak hidrolik yang kerap dimanfaatkan untuk mengangkat alat-alat berat. Meski kecil, namun keberadaan dongkrak hidrolik sangat penting di berbagai industri, mulai dari otomotif hingga perkapalan.

Standar Torsi Pengencangan Baut

Standar Torsi Pengencangan Baut

Torsi Pengencangan Baut | Baut merupakan pengikat berulir pada bagian silindernya. Di salah satu ujungnya terdapat bagian yang disebut sebagai kepala baut yang biasanya memiliki bentuk segi enam atau segi empat.

Baut umum menjadi pasangan dari mur, penggunaannya adalah untuk mengikat atau menyatukan dua komponen pada rangkaian mesin menjadi satu. Untuk memasang baut, Anda perlu memahami lebih dulu tentang torsi pengencangan baut.

Baut sering diaplikasikan pada mesin-mesin kendaraan, alat elektronik, maupun tembok ketika hendak dipasangi benda yang akan digunakan untuk menahan beban. Meski mengencangkan baut terlihat sebagai pekerjaan yang sepele. Namun, jangan salah, proses pemasangan baut membutuhkan metode atau teknik pengencangan yang tepat.

Pengencangan baut memerlukan perhatian khusus dan tidak boleh dilakukan sembarangan. Sebab, jika baut yang dipasang terlalu kencang atau bahkan tidak kencang sama sekali akan mempengaruhi fungsi dari komponen yang disatukan.

Apabila baut yang dipasang dengan asal-asalan, pada akhirnya akan dapat menjadi ancaman resiko keselamatan bagi pengguna komponen, karena kinerja komponen yang tidak maksimal. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kesesuaian antar komponen saat memasang baut, termasuk variasi tegangan pada sambungan baut.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat mengencangkan baut yaitu besaran torsi pengencangan baut dan sudut yang diperlukan.

Standar Torsi Pengencangan Baut

Standar Torsi Pengencangan Baut
Standar Torsi Pengencangan Baut

Bagi Anda yang belum familiar, torsi adalah gaya puntir yang diperlukan untuk mengencangkan baut dalam sambungan baut. Dengan kata lain, torsi merupakan pengukuran gaya puntir yang dibutuhkan dari sambungan baut mur. Torsi dipengaruhi oleh jarak antara titik gaya dengan sumbu putar.

Ketika mengencangkan baut, menentukan ukuran torsi yang tepat sangat penting agar koneksi yang aman dan kuat dapat dipastikan. Ukuran torsi inilah yang mempengaruhi baut menjadi sangat kencang atau justru longgar. Kekencangan untuk masing-masing baut sudah memiliki standar ukuran torsinya sendiri.

Torsi yang tidak sesuai apabila menghasilkan kelonggaran, akan menyebabkan kegagalan struktural. Sebaliknya, jika torsi yang terlalu tinggi maka akan membuat baut menjadi cepat aus atau slek, bahkan bisa patah saat pengencangan.

Tentu hal ini sangat merusak baut atau komponen yang dihubungkan. Anda bisa menggunakan alat Digital Torque Wrench untuk memperhatikan besar torsi saat mengencangkan baut.

Standar torsi pengencangan baut sendiri dapat bervariasi tergantung pada jenis baut, ukuran baut, dan material yang digunakan.

Misalnya, baut tanpa treatment apa pun, maka nilai torsinya berbeda dengan baut dengan ring/washer, maupun baut dengan pelumas. Maupun pemasangannya pada rangkaian mesin, misalnya torsi pengencangan baut kepala silinder motor dan torsi pengencangan baut roda mobil.

Namun, standar ini biasanya sudah diberikan oleh produsen peralatan atau perangkat yang menggunakan baut, misalnya torsi pengencangan baut cvt honda. Umumnya, standar torsi pengencangan baut dinyatakan dalam satuan Newton meter (Nm) atau pound-kaki (lb-ft).

Tabel Torsi Pengencangan Baut

Ukuran tiap jenis baut berbeda-beda antara satu dan lainnya, sehingga torsinya pun juga bervariasi. Anda bisa menggunakan referensi pada tabel torsi pengencangan baut pdf di bawah ini untuk mencari tahu torsi baut sesuai ukurannya.

Tabel Torsi Pengencangan Baut PDF
Tabel Torsi Pengencangan Baut. Sumber: Hyprowira

Berikut penjelasan cara menghitung dan membaca tabel torsi pengencangan baut di atas.

Cara Menghitung Torsi Pengencangan Baut

Nilai torsi sendiri digunakan sebagai acuan untuk mengencangkan baut. Selain itu, dari sana Anda bisa mengetahui seberapa besar sudut yang dibutuhkan hingga baut dapat terpasang dengan tepat sempurna.

Untuk mempermudah mencari tahu besarannya, Anda dapat mengacu pada tabel torsi pengencangan baut di atas. Berikut cara menghitung dan membacanya.

Terdapat dua jenis baut atau sekrup yakni sekrup Allen dan sekrup segi enam dimana masing-masing memiliki kelas atau grade. Masing-masing sekrup memiliki jenis ukuran dalam (Hex). Ukurannya bisa Anda lihat di bagian Thread (A/F) kolom sebelah kanan.

Misalnya, Anda memiliki baut segi enam ukuran M20 dengan Grade 12.9, maka satuan yang diperlukan untuk sekrup ukuran M20 Dengan Grade 12.9 yaitu sebesar 696 Nm atau 514 lbf ft.

Penutup

Demikian informasi mengenai torsi pengencangan baut yang bisa Anda cermati sebelum memasang baut pada rangkaian mesin. Pastikan untuk menyesuaikan jenis dan ukuran baut yang akan Anda pasang.

Proses pengencangan baut ini tidak mudah dan perlu dilakukan oleh orang yang berpengalaman dan profesional. Salah satu perusahaan yang melayani jasa pengencangan baut adalah PT. Brewdets Karya Mandiri. Hubungi kami sekarang juga untuk informasi selengkapnya.

Verified by MonsterInsights